Pratiwi, Nurul Indah (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331039 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4123331039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 4123331039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 4123331039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 4123331039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 4123331039 TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 4123331039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 4123331039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 4123331039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 4123331039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 4123331039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran inkuiri berbasis lesson study terintegrasi praktikum terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia dan proses pelaksanaan
indikator pembelajaran lesson study pada siswa. Populasi penelitian adalah siswa
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 4 kelas. Sampel
penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik acak (random sampling)
yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri berbasis lesson
study terintegrasi praktikum dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model
pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk
pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, tingkat kesukaran,
daya beda, dan reliabilitas. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak.
Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (23,08 > 1,667), berarti Ho ditolak
dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study
terintegrasi praktikum berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada
materi termokimia. Rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen 83,6% ± 0,076
dan kelas kontrol 38,9% ± 0,081. Kemudian proses pelaksanaan indikator
pembelajaran lesson study dapat dilihat dari rata-rata persentase keterlaksanaan
indikator pembelajaran lesson study pada pertemuan pertama dan kedua yaitu
sebesar 62,5 % menjadi 84,38%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 008 |
Keywords: | Inkuiri, Lesson Study, Praktikum, Hasil Belajar, Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:33 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23177 |