PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA DELI MURNI TAHUN AJARAN 2016/2017

Pinsker, Yosef Leon (2017) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA DELI MURNI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Deli Murni T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Deli Murni yang beralamat di Jln. Jamin Ginting KM 47, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, dengan populasi sebanyak 54 orang siswa dan sampel sebanyak 54 orang siswa, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik total sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan rumus Product Moment dan Cronbach Alpha, kemudian dilakukan uji asumsi klasik dan dianalisis menggunakan uji t (Parsial), uji F (simultan), analisis regresi linear berganda, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian uji t (Parsial) diperoleh hasil yang menunjukkan keadaan thitung > ttabel = 3,836 > 1,67 untuk variabel disiplin belajar dan 5,290 > 1,67 untuk variabel motivasi orang tua, kemudian untuk uji F (Simultan) hasil yang diperoleh Fhitung > Ftabel = 38,040 > 3,18 dengan taraf signifikansi yaitu 0,000 > 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,599 yang berarti bahwa kontribusi variabel disiplin belajar dan motivasi orang tua untuk menjelaskan variasi dari prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 59% sedangkan sisanya yaitu sebesar 41% adalah dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Deli Murni T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut195608141980111001
Call Number: SK-2017 EKO 002
Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item View Item