PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS XII SMA NEGERI 1 PAGARAN TAPANULI UTARA T.A 2016/2017

Silaban, Sartika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS XII SMA NEGERI 1 PAGARAN TAPANULI UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123121069 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123121069 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123121069 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123121069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123121069 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123121069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123121069 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123121069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123121069 TABLE ON CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123121069 TABLE ON CONTENTS.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123121069 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123121069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123121069 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123121069 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123121069 TABLES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123121069 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123121069 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123121069 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4123121069 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4123121069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123121069 BIBLIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123121069 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah di kelas XII SMA Negeri 1 Pagaran tapanuli Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII semester I SMA Negeri 1 Pagaran T.A 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berdasarkan masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 33 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test uraian sebanyak 10 soal. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah diperoleh rata-rata Pre-test 26,59 dengan standard deviasi 10,71 dan nilai rata-rata Post-test 72,72 dengan standard deviasi 13,96. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 26,81 dan standard deviasi 11.06 sedangkan rata-rata Post-test 60,45 dengan standard deviasi 11,58. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,90 dan ttabel =1,67 (thitung > ttabel = 3,90 > 1,67) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dari hasil analisa data dapat diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah di kelas XII semester I SMA Negeri 1 Pagaran Tapanuli Utara T.A 2016/2017. Penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu pertemuan I rata-rata 68, pertemuan II 79, dan pertemuan III 86 dengan rata-rata keseluruhan adalah 78.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 024
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdasarkan masalah; Hasil belajar; Pembelajaran konvensional; Aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:55
Last Modified: 21 Feb 2017 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item
View Item