ANALISIS DAN PENGEMBANGAN POLA DISTRIBUSI GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN DELI SERDANG

Siregar, Tikwan (2006) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN POLA DISTRIBUSI GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 035030375 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 035030375 Abstrak.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 035030375 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 035030375 Bab I.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 035030375 Bab V.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 035030375 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Distribusi guru pada umumnya menghadapi banyak hambatan dan tantangan. Hambatan-hambatan tersebut antara lain : pemerataan distribusi guru, jalur birokrasi distribusi, pertimbangan kompetensi dalam promosi jabatan, pembinaan karir, dan pemetaan jarak sekolah dengan tempat tinggal guru. Tak terkecuali pola distribusi guru SD di Kabupaten Deli Serdang juga menghadapi masalah-masalah tersebut. Hambatan dan tantangan tersebut merupakan pennasalahan yang perlu mendapat perhatian.Secara umum tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengembangkan pola distribusi guru SD di Kabupaten Deli Serdang. Namun secara khusus, tujuan utama yang ingin dicapai adalah menemukan pola penempatan guru baru, pemindahan tugas guru, promosi guru, dan pengembangan pola distribusi guru SD di Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini merupakan bentuk penyelidikan untuk memahami dan menjelaskan makna dari fenomena sosial dengan latar kealamiahan. Mendiskripsikan dan menganalisis pola distribusi guru SD di Kabupaten Deli Serdang dengan latar alamiah yang utuh dan mendalam. Menemukan penjelasan pola distibusi guru SD dari fokus penelitian yang telah ditentukan. Karena tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,Informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive, dengan pertimbangan para informan mengetahui atau mengalami langsung peristiwa yang menjadi fokus penelitian. Sumber dan data utama diarahkan pada kata-kata dan tindakan atau peristiwa yang berkaitan dengan fokus penelitian. Secara rinci jenis data yang dikumpulkan selama proses penelitian berlangsung adalah kata-kata, tindakan, sumber tertulis, dan data statistikHasil penelitian yang ditemukan adalah : (a). minimnya pengangkatan guru baru, (b). jalur birokrasi distribusi yang berliku, (c). sulitnya sistem informasi data guru, (d). rekruitmen promosi tertutup, dan (e). belum adanya standar pengangkatan guru honor. Secara umum, distribusi belum mendapat perhatian yang serius dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga diperlukan pola pengembangan distribusi. Kondisi pendukung pengembangan pola distribusi, adalah : (a). sebaran sekolah di setiap wilayah, (b). Peraturan Pemerintah No. 9 / Tahun 2003 tentang pelimpahan kewenangan distribusi, (c). keinginan guru akan promosi jabatan, (d). menguatnya partisipasi mengangkat guru honor, dan (e). besarnya jumlah lulusan lembaga kependidikan yang ingin mengabdikan diri menjadi guru. Kondisi ini memungkinkan dilakukan pengembangan pola distribusi guru SD di Kabupaten Deli Serdang.Langkah-langkah pengembangan pola distribusi yang perlu ditempuh adalah: (a).penentuan kebutuhan guru, (b). penentuan sasaran distribusi, (e). penentuan program, (d).identifikasi prinsip-prinsip distribusi, (e). pelaksanaan program distribusi, dan (f). identifikasi manfaat distribusi. Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk pelaksanaan distribusi yang lebih baik sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas organisasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 372.1 Sir a
Keywords: Guru; Sekolah dasar; Organisasi; Kompetensi; Prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item