HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MUTU PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI 1 DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Heriadi, July (2006) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MUTU PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI 1 DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 015030068 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 015030068 Abstrak.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 015030068 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 015030068 Bab I.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 015030068 Bab V.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 015030068 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan latar belakang pendidikan dengan mutu pembelajaran, hubungan pengetahuan desain pembelajaran dengan mutu pembelajaran, dan hubungan antara latar belakang pendidikan dan pengetahuan desain pembelajaran secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran guru SMA Negeri di Kabupaten Serdang Bedagai.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antara variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 230 orang guru, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 67 orang atau 29 % dari populasi yang diambil dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instru men pengumpulan data adalah kuesioner untuk variabel latar belakang pendidikan denganmenggunakan koefisien reliabilitas = 0,874; angket untuk variabel mutupembelajaran dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,876; dan tes untuk variabel pengetahuan desain pembelajaran dengan koefisien reliabilitas rii — 0,883.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1). Terdapat hubungan positif yang berarti antara latar belakang pendidikan dengan mutu pembelajaran ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7359 atau r2 = 0,5415 dan tbituag = 8,76 > ttabd = 1,67 dengan dk = 65 pada taraf signifikan a = 0,05 , (2). Terdapat hubungan positif yang berarti antara pengetahuan desain pembelajaran dengan mutu pembelajaran ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,8557 atau r2 = 0,7322 dan thnung = 13,33 > tram = 1,67 dengan dk = 65 pada taraf signifikan a = 0,05, (3). Terdapat hubungan positif yang berarti antara latar belakang pendidikan dan pengetahuan desain pembelajaran secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8890, dengan indeks determinasi sebesar R2= 0,7903 yang berarti bahwa 79,03 % mutu pembelajaran guru SMA Negeri di Kabupaten Serdang Bedagai dapat dijelaskan dengan variabel latar belakang pendidikan dan pengetahuan desain pembelajaran secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 30,329 + 0,377X1 + 2,174X2

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 195503071984031001
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 371.12 Her h
Keywords: Pendidikan; Desain pembelajaran; Mutu
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item