PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN RAMBUT MATERI PENATAAN SANGGUL SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Nababan, Yulianti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN RAMBUT MATERI PENATAAN SANGGUL SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113144023 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113144046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113144046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113144046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113144046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113144046 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113144046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113144046 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113144046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113144046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113144046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar dasar kecantikan rambut dalam penataan sanggul siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut dalam penataan sanggul yang dibelajarkan dengan model Creative Problem Solving (CPS) siswa cenderung Tinggi dengan skor rata-rata sebesar 31 dan standar deviasi 7,51. Sedangkan hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut Dalam Penataan Sanggul siswa pada kelas kontrol cenderung kurang dengan skor rata-rata 28,5 dan standar deviasi 9,05. Hasil uji t diperoleh harga nilai thitung > ttabel atau 18,042 > 1,67, yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya bahwa skor rata-rata hasil belajar dasar kecantikan rambut dalam penataan sanggul yang dibelajarkan dengan model Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut Dalam Penataan sanggul siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: SK-2017 RIAS 018
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Model Konvensional,Hasil Belajar Penataan Sanggul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item