PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE

Noviyenty, (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123111054 COVER .pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123111054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123111054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123111054 BAB I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123111054 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PMIPA 5 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A. 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal koneksi matematika siswa. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa siswa kelas X PMIPA 5 kemampuan koneksi matematikanya masih rendah terlihat dari aspek koneksi antar topik matematika pada tes awal dari 28 siswa tidak ada (0%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika, pada aspek mengkoneksikan matematika dengan bidang studi lain terdapat 6 atau (21,43%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika, dan pada aspek mengkoneksikan matematika dengan dunia nyata hanya 2 atau (7,14%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika dengan persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika pada tes awal sebesar 0%,. Setelah dilakukan tes kemampuan koneksi matematika I (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika naik menjadi 57,14% dan pada tes kemampuan koneksi matematika II (siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika menjadi 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe. Saran yang diajukan yaitu; 1) Berdasarkan hasil penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas, terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa oleh sebab itu disarankan pada guru agar menerapkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran dan lembar aktivitas siswa berbasis masalah pada topik lain atau bidang studi lain yang relevan. 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas diperlukan waktu yang lebih banyak daripada alokasi waktu yang telah ditetapkan sehinggga disarankan agar guru lebih bijaksana dalam mengelola waktu dan menyediakan asesmen otentik yang diharapkan diselesaikan siswa di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: SK-2017 MAT 011
Keywords: Pengembangan berbasis masalah; Kemampuan koneksi matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23035

Actions (login required)

View Item View Item