UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Marpaung, Parwis H (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6121111030 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6121111030 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6121111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6121111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6121111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6121111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6121111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6121111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6121111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6121111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6121111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik servis panjang bulutangkis sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 7 siswa (23,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (76,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFaridah, Eva198107172006042004
Call Number: SK-2017 PJKR 003
Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bulutangkis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 09:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item