UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PRODUKSI SMK NEGERI 2 TANJUNGBALAI T.A 2016/2017

Situmorang, Mariaman (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PRODUKSI SMK NEGERI 2 TANJUNGBALAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5101121012 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5101121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5101121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 5101121012 PREPACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 5101121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 5101121012 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 5101121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 5101121012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 5101121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM. 5101121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM. 5101121012 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik mata pelajaran Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Mesin Produksi di SMK Negeri 2 Tanjungbalai tahun ajaran 2016/2017. Menggambar Teknik merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Mesin Produksi. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Mesin Produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TPSMK Negeri 2 Tanjungbalai terdiri dari 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda dan Esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar teknik mata pelajaran Menggambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Mesin Produksi di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 40% pada siklus I dan 86,67% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 61,17 pada siklus I dan 82 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLisyanto, 196607061993031002
Call Number: SK-2017 MES 002
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe team quiz; Hasil belajar siswa; Menggambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Feb 2017 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item