PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM BASA

Hairina, (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia interaktif berbasis web. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar materi pokok larutan asam basa. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan, 2 orang dosen kimia umum dan dosen media Universitas Negeri Medan, dan 40 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 4,48 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 4,72 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 4,40 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, dan kelayakan kegrafikan 4,63 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil pendapat siswa mengenai bahan ajar kimia interaktif memiliki nilai rata-rata sebesar 3,55 adalah valid, artinya layak untuk digunakan. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia interaktif berbasis web yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang disediakan sekolah. Berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas eksperimen (menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web) sebesar 72% dan peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas kontrol (tidak menggunakan web) sebesar 60%. Berdasarkan uji t-test terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web dan tanpa menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web dengan nilai signifikan 0,02 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 546.24 Hai p
Keywords: Bahan ajar kimia interaktif; Web; Penelitian dan pengembangan (R&D); Larutan asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22821

Actions (login required)

View Item View Item