PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104203 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2013/2014

Harahap, Ria antasari (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104203 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 812618108 KOPER TESIS.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126181018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 812618108 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 812618018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126181018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126181018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126181018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126181018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126181018 BAB 1.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126181018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 8126181018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala sub pokok bahasan perbandingan dan skala melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah; (2) bagaimana efektifitas pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah setelah dilakukan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 104203 Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi kemampuan bertanya dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 54.04%, pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 91.89%. (2) dengan menggunakan model pembelajaran ini juga diperoleh hasil bahwa kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran matematika memenuhi kategori baik dengan nilai rata-rata 3,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa materi perbandingan dan skala melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 104203 Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 372.7 Har p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22776

Actions (login required)

View Item View Item