UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMAGIC DI KELAS II SD NEGERI LAM URA KABUPATEN ACEH BESAR

Maulidar, (2015) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMAGIC DI KELAS II SD NEGERI LAM URA KABUPATEN ACEH BESAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) Mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode jarimagic. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas II SD Negeri Lam ura Aceh Besar dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar observasi aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan Metode Jarimagic dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Untuk klasikal kelas pada siklus I sebesar 72,8% pada pertemuan pertama dan 75,3% pada pertemuan kedua, pada siklus II menjadi 80,05% pada pertemuan pertama dan 84,3% pada pertemuan kedua, (2) pembelajaran dengan metode jarimagic dapat meningkatkan minat belajar siswa, untuk skor observasi minat meningkat dari 70,1% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II, (3) penerapan pembelajaran dengan metode jarimajic terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 85% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, dan rata-rata kelas sebesar 82,2 diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (ii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 78,6% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 83,9% pada siklus II, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 85,1% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (ii) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP. Rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah para guru agar melaksanakan pembelajaran dengan metode jarimagic sebagai salah satu alternatif upaya meningkatkan minat dan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi operasi hitung perkalian.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: 372.7 Mau u
Keywords: Pembelajaran matematika; Minat belajar; Pemecahan masalah matematika; Metode jarimagic
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22775

Actions (login required)

View Item View Item