PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2014/2015

Tambunan, Melgibson (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Doc 1 cover.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 2 abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 3 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 4 daftar isi.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 5 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 7 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 8 Bab I.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 12 Bab V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc 13 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Statika siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 22 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan, pada uji coba soal siklus I diperoleh 16 soal yang valid dari 20 soal dan pada siklus II terdapat 18 soal yang valid dari 20 soal. Indeks kesukaran siklus I terdapat 2 soal dalam kategori mudah, 18 soal dalam kategori sedang. Pada siklus II terdapat 4 soal dalam kategori mudah, 16 soal dalam kategori sedang. Daya pembeda pada siklus I terdapat 1 soal dalam kategori jelek, 6 soal dalam kategori baik, dan 13 soal dalam kategori baik sekali sedangkan pada siklus II terdapat 2 soal dalam kategori cukup, 13 soal dalam kategori baik, dan 5 soal dalam kategori baik sekali. Uji reliabilitas pada siklus I r11=0,952 (sangat tinggi) dan pada siklus II r11=0,946 (sangat tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap proses pembelajaran dan berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 65,625 meningkat menjadi 75,852 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 67,33 dan meningkat menjadi 73,75 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Statika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPerangin-angin, Sempurna195712271984032003
Call Number: SK-2015 BAN 020
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item