PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EXE (ELEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN

Machril:, Sadzali Yunaifi (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EXE (ELEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERSEMBAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh media pembelajaran EXE (Elearning XHTML Editor) terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang dan cara pemilihan kelas secara acak. Kemudian didapat kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB-2 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 22 soal yang diuji cobakan terlebih dahulu. Sebelum adanya perlakuan, kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah adanya perlakuan diberikan Post-test untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Konstruksi Bangunan yang diajar dengan media pembelajaran EXE (Elearning XHTML Editor) lebih besar dari yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis untuk thitung = 2,263 dan ttabel yang diperoleh berdasarkan interpolasi pada taraf α = 0,05 adalah 1,67. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran elearning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan tehadap hasil belajar Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarwin, 196412311991031042
Call Number: SK-2015 BAN 016
Keywords: Media Pembelajaran, EXE, Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22697

Actions (login required)

View Item View Item