UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI

Sari, Vera Novita (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103311038 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103311038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103311038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103311038 TABLES.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103311038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103311038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img] Text
14. NIM. 5103311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
13. NIM. 5103311038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan menggunakan pemberian penguatan secara verbal dan non verbal yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang konsep keseimbangan dan menghitung reaksi pada tumpuan dengan balok sederhana, pada siklus II mempelajari tentang menghitung gaya momen, gaya lintang dan gaya normal pada balok sederhana. Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I terdapat 17 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 7 soal mudah, 10 soal sedang dan 3 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal buruk, 11 soal cukup dan 6 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi) dan fungsi pengecoh berfungsi dengan baik. Pada siklus II dari 20 soal diperoleh 16 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 8 soal mudah, 10 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 5 soal buruk, 10 soal cukup dan 5 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi, dan fungsi pengecoh berfungsi dengan baik. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 untuk keseluruhan siswa tuntas belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I memiliki persentase 33.5% meningkat menjadi 62.5% . Selanjutnya pada siklus II menjadi 82.5% meningkat menjadi 100% siswa aktif belajar mencapai nilai KKM 70. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 37.5% meningkat menjadi 60%. Selanjutnya pada siklus II menjadi 67.5% meningkat menjadi 100% siswa tuntas belajar mencapai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pemberian penguatan secara verbal dan non verbal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Sorgang196008071986011001
Call Number: SK-2016 BAN 074
Keywords: Pemberian Penguatan, Aktivitas Siswa , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22693

Actions (login required)

View Item View Item