KONTRIBUSI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN

Sirear, Suci Monalisa (2016) KONTRIBUSI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3113321035 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3113321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3113321035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3113321035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3113321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3113321035 TABLES.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3113321035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3113321035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3113321035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3113321035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3113321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa dengan adanya kontribusi bimbingan belajar terhadap kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 210 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelompok siswa yang mengikuti bimbingan belajar (Kelompok Eksperimen) dan kelompok yang tidak ikut bimbingan belajar (Kelompok kontrol). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata uji tes hasil belajar kelompok eksperimen adalah 78,75 , sedangkan kelompok kontrol adalah 85,63. Pada pengujian hipotesis uji “t” dua pihak diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,410 < 2,04 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 30, dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yang berarti tidak ada perbedaan dari hasil belajar kedua kelompok. Sedangkan uji “t” satu pihak diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,43 < 1,70 , dapat disimpulkan H0 diterima yang berarti tidak ada Konstribusi Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Hak ini dikarenakan bimbingan belajar yang diikuti sebagian siswa kelas XI IPS tidak sesuai dengan jurusan mereka. Bimbingan belajar tidak memiliki Standar Operasional Prosedur seperti Kurikulum dan KKM, sedangkan di sekolah Kurikulum dan KKM harus tuntas dicapai oleh siswa. Guru di sekolah menjadi sumber belajar untuk para siswa, staff pengajar di bimbingan belajar yang dikenal dengan tutor tidak sepenuhnya menjadi sumber belajar untuk siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPonirin, 195809211986011003
Call Number: SK-2016 SJRH 122
Keywords: Konstribusi Bimbingan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22673

Actions (login required)

View Item View Item