PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NASRANI 5 MEDAN

Siburian, Ruth Meivera (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NASRANI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126171032 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126171032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126171032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126171032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126171032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126171032 TABLES.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126171032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126171032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126171032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126171032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126171032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar matematika yang memenuhi persyaratan validitas, kepraktisan dan efektif, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan melalui bahan ajar matematika yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan desain model 4-D. Desain ini terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar. Kemudian draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba. Uji coba bahan ajar dilakukan pada siswa kelas VII SMP Dwiwarna Medan. Bahan ajar yang valid, praktis dan efektif kemudian disebarkan ke kelas lain untuk menguji keefektifan sebelum disebarkan lebih luas. Penyebaran dilakukan pada siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Dari hasil analisis pengembangan diperoleh bahwa: (1) Bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas rpp = 4,14, buku guru = 3,95, dan buku siswa = 4,03; praktis ditinjau dari tingkat kemampuan guru melaksanakan pembelajaran; efektif ditinjau dari tingkat aktivitas siswa, ketuntasan belajar dan respon positif siswa. (2) Bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai gain sebesar 0,463.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Sib p
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Pembelajaran berbasis masalah; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item View Item