UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015

Sitinjak, Yasner Marnaek (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103122041 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103122041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103122041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103122041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103122041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103122041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103122041 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103122041 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5103122041 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103122041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2014/2015 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Saintifik. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukkan bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 sekitar 50% dari 28 siswa tidak lulus atau hanya memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada tahun ajaran 2013/2014, sekitar 56% dari 30 siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR II SMK Negeri 2 Pematansiantar, yang terdiri dari 34 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan fungsinya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari sekali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah instrumen tes soal essay dan lembar observasi. Dari data kemampuan awal siswa terdapat 19 siswa (55,88 %) yang tuntas pada nilai formatif kompetensi dasar sebelumnya, 23 siswa (67,65 %) pada siklus I dan 30 siswa (88,23 %) pada siklus II. Data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Dimana pada siklus pertama terdapat 23 siswa (67,65 %) yang telah memenuhi ketuntasan belajar (kompeten) mengalami peningkatan sebanyak 7 siswa (20,58 %). Berdasarkan hasil itu juga didapat bahwa ketuntasan klasikal telah terpenuhi yaitu sebanyak 80 %. Penerapan Strategi Pembelajaran Saintifik dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: SK-2015 OTM 004
Keywords: Strategi pembelajaran saintifik; Hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item View Item