HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MAN SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Simatupang, Frans Rezeki Ramadansyah (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MAN SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM_2101111005_COVER.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
2. NIM_2101111005_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
3. NIM_2101111005_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text
4. NIM_2101111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
5. NIM_2101111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text
6. NIM_2101111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
7. NIM_2101111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text
8. NIM_2101111005_BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
12. NIM_2101111005_BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
13. NIM_2101111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa, (2) untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa, (3) dan untuk mengetahui hubungan penguasaan penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskripsi korelasi. Data yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa tes tulisan dalam bentuk pilihan berganda dengan empat pilihan alternatif (a,b,c, dan d) dan 1 tes kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dari 167 siswa/I, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Teknik hubungan yang digunakan adalah korelasi produk moment, regresi sederhana, regresi ganda, dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Korelasi produks moment yang diperoleh adalah 0,776 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kalimat efektif terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Koefisien korelasi produk moment yang dihasilkan sebesar 0,796 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan kalimat efektif secara bersama-sama dengan koefisien korelasi sebesar 0,797 terhadap keterampilan teks eksposisi. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y=49,264+0,422X1+1,955X2. Uji F menghasilkan angka 20,620 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini signifika karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2015 IND 010
Keywords: Penguasaan kosakata; Kalimat efektif; Teks eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22485

Actions (login required)

View Item View Item