PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sinamo, Ratna (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2103311038. COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2103311038. LEMBAR PENGESAHAN , PERSETUJUAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2103311038. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2103311038. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2103311038. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2103311038. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2103311038. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2103311038. BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2103311038. BAB V.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2103311038. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 292 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-5 yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,5, standar deviasi = 8,11 sedangkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model inkuiri masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 80,00, standar deviasi = 6,97. Selanjutnya uji data diatas kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,09. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31 diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,8, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 1,10 > 0,8, hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2015 IND 008
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; Teks eksposisi; Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item