PERSEPSI DAN RESPON DUNIA USAHA TERHADAP KOMODIFIKASI ULOS DALAM PERSPEKTIF STRUKTURALISME

Zulkifli, (2016) PERSEPSI DAN RESPON DUNIA USAHA TERHADAP KOMODIFIKASI ULOS DALAM PERSPEKTIF STRUKTURALISME. In: International Conference Promoting Jambi as a Central of Malay Culture, 26-27 Oct 2016, Jambi.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang mengkaji bagaimana persepsi dan respon dunia usaha terhadap komodifikasi ulos Batak, dengan menggunakan metode kualitatif-fenomenologis. Setting penelitian adalah pada masyarakat penenun, pengusaha, dan pemasar produk ulos (kreator, dunia usaha) di kawasan pariwisata Samosir, Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan adalah perspektif teori strukturalisme untuk membaca teks-teks komodifikasi ulos Batak melalui model operasi struktural: langue-parole, sinkroni-diakroni, penanda-petanda, dan denotasi-konotasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Untuk menjamin keabsahan data dan kerangka analisis dilakukan melalui peer debriefing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi penenun ulos Batak umumnya bermotif ekonomis. Dalam proses kerjanya, mereka memilih sesuatu yang bersifat praktis. Umumnya jenis ulos yang dikomodifikasi adalah jenis ulos sadum dan ulos ragi hotang. Dalam hal ini, dunia usaha (kreator) masih memiliki pertimbangan etis, di samping estetis dan bisnis untuk mengkomodifikasi jenis ulos tradisi. Pada skala industri, komodifikasi ulos adalah bagaimana menghasilkan produk dalam jumlah banyak dengan efisiensi biaya dan waktu. Motivasinya adalah keuntungan finansial, tanpa peduli dengan filosofi dan tata aturan tradisi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Respon; Dunia usaha; Strukturalisme; Ulos Batak; Komodifikasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
N Fine Arts > NX Arts in general
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Dec 2016 07:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item View Item