EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Kustyaningsih, Suci (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menemukan ide pokok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIISMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XII IPS A dan XII IPS B yang masing-masing berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda tes. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82,23, standar deviasi = 12,22 sedangkan kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,60, standardeviasi = 13,27. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah tosebesar3,62. Selanjutnya to diketahui, kemudian di konsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5%dengan df=N-1= 35-1 = 34 dari df = 35diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 3,62> 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif diterapkan terhadap kemampuan menemukan ide pokok siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmaini, 196505241990032001
Call Number: SK-2015 IND 017
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; Ide pokok; Artikel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22321

Actions (login required)

View Item View Item