HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA SMA DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN DAIRI

Sitorus, Acelina Banguniati (2005) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA SMA DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
025060003- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025060003- Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025060003- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025060003- Bab I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025060003- Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025060003- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel yang terkait dengan tingkah laku siswa SMA dalam kegiatan pengelolaan Iingkungan hidup, yaitu tingkat pengetahuan lingkungan hidup dan motivasi belajar yang dimiliki siswa SMA.Ada tiga hipotesis yang diajukan, yaitu : Panama, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dengan tingkah laku siswa dalamkegiatan pengelolaan lingkungan hidup. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup. Ketiga, Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas 1 di SMAN 2 Sidikalang, SMAN 1 Siempat Nempu, SMAN 1 Silima Pungga-pungga, yang berjumlah 400 orang.Dari populasi ini diambil sampel yang dipilih secara alokasi proporsional sampling yangberjumlah 188. Instrumen penelitian berbentuk tes dan kuisioner, keterandalan instrumen ditentukan melalui validitas konstruk dan validitas isi, sedangkan keterandalan instrumendiuji dengan teknik Alpha Cronbach. Hasil analisis instrumen tersebut valid dan andal dengan rn masing-masing variabel sebagai berikut, (1) variabel tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa (X1) r,t = 0,94, (2) variabel motivasi belajar siswa (X2) rtt — 0,894 dan (3) variabel tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup (Y)= 0,92I. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi.Hash analisis menunjukkan koefisien korelasi antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dengan tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaanlingkungan hidup (ray) sebesar 0,30. Koefisien korelasi antara motivasi belajar siswadengan tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaan Iingkungan hidup (r2y) sebesar 0,63. Koefisien korelasi antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dan danmotivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan tingkah laku siswa dalam kegiatanpengelolaan lingkungan hidup (Ry12) sebesar 0,67. Kontribusi tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap tingkahlaku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup (R2y12) sebesar 45 % dansisanya sebesar 55 % merupakan sumbangan dari variabel lain. Hubungan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa dengan tingkah laku siswa dalam kegiatanpengelolaan lingkungan hidup secara Mind atau dengan pengontrolan terhadap variabel motivasi belajar siswa (r13,2) sebesar 0,31. Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan tingkah laku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup secara murni atau dengan pengontrolan terhadap variabel tingkat pengetahuan lingkungan hidup siswa (r2y.1) sebesar 0,63.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, A.R130215075
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 370.154 Sit h
Keywords: Motivasi Belajar; Lingkungan Hidup; Sikap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item