Napitupulu, Benhart Monang (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BALIGE PADA TEMA DINAMIKA KEPENDUDUKAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 3103131008. Cover.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
02. 3103131008. Lembar pengesahan.PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
03. 3103131008. Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. 3103131008. Kata Pengantar.PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
05. 3103131008. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
06. 3103131008. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
07. 3103131008. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
08. 3103131008. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
09. 3103131008. Bab I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
14.3103131008. Bab VI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
15.3103131008. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada tema dinamika kependudukan kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Tahun Ajaran 2014/2015, dan (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada tema dinamika kependudukan kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VIII SMP negeri 4 Balige. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang terdiri dari 27 siswa dengan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada tema dinamika kependudukan di kelas VIII SMP Negeri 4 Balige. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, dan (2) tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 68,86% dan pada siklus II sebesar 86,79% dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 17,93%. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 74% dan pada siklus II sebesar 92,6%. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 18,6%. Dalam penelitian ini implementasi model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema dinamika penduduk di Kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 040 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model PBM, Dinamika Kependudukan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA51 Surveys (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 02:04 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22160 |