PERBEDAAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR ANTARA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA AL MA’SHUM KISARAN BARAT

Astuti, Yeti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR ANTARA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA AL MA’SHUM KISARAN BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5122131012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5122131012 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5122131012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5122131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5122131012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5122131012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5122131012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5122131012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5122131012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5122131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5122131012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5122131012 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5122131012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5122131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5122131012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5122131012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5122131012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5122131012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5122131012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5122131012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Elektronika Analog Dan Digital Dasar Antara Menerapkan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X-1 TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 TKJ sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 34 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (20) dengan standar deviasi 3,67 dan skor rata-rata pada kelas kontrol (19) dengan standar deviasi 2,8. Pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran Elaborasi dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (79,41) dan kelas kontrol (76,47).
Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung = 16,66 dan ttabel = 1,669 maka thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu model pembelajaran Elaborasi memperoleh hasil belajar Elektronika Analog dan Digital Dasar yang lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 050
Keywords: Hasil belajar; Elektronika analog; Digital dasar; Model pembelajaran elaborasi; Model pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:11
Last Modified: 06 Dec 2016 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item
View Item