UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PUKULAN SERVIS PENDEKFOREHAND PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X MA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Anggara, Eko (2016) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PUKULAN SERVIS PENDEKFOREHAND PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X MA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.6123311025. CAPER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.6123311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.6123311025. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.6123311025. KATAPENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.6123311025. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.6123311025. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.6123311025. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.6123311025. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.6123311025. BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.6123311025. BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.6123311025. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar Forehand service dalam permainan bulutangkis dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X MA Taman Pendidikan Islam Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 24 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar resiprokal. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, tes hasil belajar I dan hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis pendek forehand bulutangkis sebanyak 2 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre test) diperoleh 9 siswa (38.24%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (61.76%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar dengan gayamengajar resiprokal di siklus I diperoleh 13 siswa (55.88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (44.12%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar di siklus II diperoleh siswa 20 siswa (82.35%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (17.65%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,11 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26,47%. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Forehand service dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugraha, Tarsyad196504141990031001
Call Number: SK-2016 PJKR 020
Keywords: Pendidikan Jasmani; Bulutangkis; Gaya Mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item