UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF DENGAN MODIFIKASIALAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN

Akmal, Ahmad Zhafri (2016) UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF DENGAN MODIFIKASIALAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6123311007 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 6123311007 Approval.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6123311007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6123311007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6123311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6123311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6123311007 TABLES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6123311007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6123311007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6123311007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6123311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan modifikasi alat pada siswa kelas X SMANegeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 5 yang terdiri dari 42 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan modifikasi alat untuk meningkatkan hasil belajar passing atasdalam permainan bolavoli pada siswa kelas X SMANegeri 2Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passingatas bolavoli. Berdasarkan data tes awal di ketahui bahwa dari 42 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. 27 siswa (64.29%) tidak mencapai ketuntasan belajar dan15 siswa (35.71%) telah mencapai ketuntasan belajar. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing atas bolavoli. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 42 orang siswa terdapat 16 siswa yang tidak tuntas sebesar 38,10% dan 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 61.90% dengan nilai rata-rata 71.875. Ini berarti nilai ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 42 orang siswa terdapat 6 siswa yang tidak tuntas sebesar 14,29% dan 36 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 76,64. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas X SMANegeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Doris Apriani197104152005022004
Call Number: SK-2016 PJKR 053
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21908

Actions (login required)

View Item View Item