UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENUGASAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Hadi, Mukhlis (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENUGASAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6113311092_COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6113311092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6113311092_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6113311092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6113311092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6113311092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6113311092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6113311092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6113311092_BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6113311092_BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6113311092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siswa kelas XI SMA negeri I perbaungan Tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas XI yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 mei sampai dengan 30 mei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian proses passing bawah pada permainan bola voli. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui gaya mengajar penugasaan seluruh siswa memiliki tugas yang sama hanya tingkat kesulitannya berbeda sesuai dengan kemampuan dan daya serap siswa dalam melakukan pembelajaran pada materi bola voli passing bawah, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan bola voli. Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberi tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63.87% ,dengan ketuntasan klasikal 4 siswa atau 16.66% dikatakan belum berhasil baik secara keseluruhan. Setelah diberi tindakan melalui penerapan gaya mengajar penugasan yang dilakukan pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,66% dengan ketuntasan belajar siswa dari 16 siswa sebesar 66,66%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pemebelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dengan penambahan tugas variasi. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 24 siswa terdapat 22 siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar 91,66% yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 orang siswa atau 8,34%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan gaya mengajar penugasan dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA N I Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Apriani197104152005022004
Call Number: SK-2016 PJS 078
Keywords: Hasil belajar; Bola Vali passing bawah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Dec 2016 04:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item