UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1 BALIGE

Simangunsong, Vera Yuni A. (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 512331037 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 5123311037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123311037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123311037 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123311037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123311037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123311037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123311037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123311037BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan (MIST) pada kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Balige T.P. 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang Besaran Dan Satuan, Besaran Skalar Dan Vektor, Dan sistem Satuan SI. Pada siklus II mempelajari tentang Arah Gaya, Menguraikan Dan Menggabungkan Gaya Dan Hukum Newton. Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 16 soal mudah, 4 soal sedang dan tidak terdapat soal dalam katagori sukar, uji daya pembeda tes didapat 9 soal buruk, 10 soal cukup dan 1 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,73 (Tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 16 soal mudah, 5 soal sedang. Uji daya pembeda tes didapat 12 soal buruk, 5 soal cukup dan 4 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,79 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan ratarata komulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran MIST Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 1 Balige Tuan T.P. 2016/2017. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2016 BAN 058
Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar;Ilmu Statistika
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item