PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN PADA SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN

Ginting, Ernita Rahayu (2016) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN PADA SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103342012 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103342012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103342012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103342012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103342012 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103342012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103342012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5103342012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pengetahuan bahan makanan rempah-rempah, (2) hasil belajar siswa menggunakan media gambar pada materi pengetahuan bahan makanan rempah-rempah dan (3) pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan pada siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 72 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X Jasa Boga1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X Jasa Boga2 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pengetahuan bahan makanan rempah-rempah pada kelas eksperimen (menggunakan media gambar) diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,94 dan standar deviasi 7,77 dengan memiliki kecenderungan hasil belajar yang tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol (menggunakan model konvensional) diperoleh nilai rata-rata 65,47 dan standar deviasi 8,80 dengan tingkat kecenderungan hasil belajar pada kategori cukup. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 5,352 dengan ttabel pada dk = 70 yaitu sebesar 1,994. Maka nilai thitung > ttabel atau 5,352 > 1,994 yang artinya bahwa Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan pada siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pengetahuan bahan makanan rempah-rempah dengan menggunakan media gambar lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Ade CH195209071980032004
Call Number: SK-2016 BOGA 050
Keywords: Media Gambar; Bahan Makanan; Bumbu dan Rempah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Nov 2016 07:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21678

Actions (login required)

View Item View Item