UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE STAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 BALIGE T.A 2015/2016

Sianipar, Benny Haposan (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE STAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 BALIGE T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5113331004 COVER.PDF - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 BAB I.PDF - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 BAB V.PDF - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5113331004 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige tahun ajaran 2015/2016. Menganalisis Rangkaian Listrik merupakan salah satu program mata pelajaran pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Listrik. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Balige yang terdiri dari 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 62,96% pada siklus I dan 77,77% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 69,62 pada siklus I dan 83,45 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Jongga196802051992031002
Call Number: SK-2016 ELK 040
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar siswa; Menganalisis rangkaian listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item