PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA

Hidayatsyah, (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.NIM.8146172024.COVER.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.NIM.8146172024.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.NIM.8146172024.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.NIM.8146172024.PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.NIM.8146172024.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.NIM.8146172024.TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.NIM.8146172024.ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.NIM.8146172024.CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
012.NIM.8146172024.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013.NIM.8146172024.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software Geogebra lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Langsung berbantuan Softaware Geogebra; (2) Apakah kemampuan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software Geogebra lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung berbantuan Software Geogebra; (3) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software Geogebra dan Pembelajaran Langsung berbantuan Software Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Bunga Bangsa 6 Medan. Kelas Eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra dan kelas control diberi perlakuan model pembelajaran langsung berbantuan software geogebra. Pada penelitian ini telah dikembangkan perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP dan LKS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah; (2) Angket disposisi matematis siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel. Persamaan regresi di kelas Eksperimen adalah Y_E=43,31+0,76X_E dan persamaan regresi dikelas control adalah 〖 Y〗_K=37,96+0,61X_K. Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih tinggi dari pada siswa yang melalui model pembelajaran langsung berbantuan software geogebra; (2) disposisi matematis siswa yang melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih baik dari pada siswa yang melalui model pembelajaran langsung berbantuan software geogebra; (3) proses penyelesaian jawaban siswa pada kemampuan pemecahan masalah yang melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih baik dari pada siswa yang melalui pembelajaran langsung berbantuan software geogebra.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 Hid p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung; Software geogebra; Pemecahan masalah; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21634

Actions (login required)

View Item View Item