UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173333 LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Sianturi, Nurmala (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173333 LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173333 Lintongnihuta, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 173333 Lintongnihuta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173333 Lintongnihuta dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 20 siswa lakilakidan 16 siswaperempuan. Dengan instrument penelitian tes pilihan berganda dan lembar observasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperole hpeningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 50,13 dari 36 siswa, dimana jumlah siswa yang tuntas 8 siswa (22,22 %) dan siswa yang belum tuntas 28 siswa (77,77 %). Pada siklus I,bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 atau hanya 56 % siswa yang masihperluperbaikan. Hasilpenelitianpadasiklus II, dari 36 orang siswa masih terdapat 3 siswa yang memiliki nilai dibawah KKMdan 33 siswa atau 91,66 % sudah mencapai nilai criteria ketuntasan minimal. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Demonstrasi. Nilai siswa yang diajarkan setelah menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi daripada nilai siswa yang diajarkan sebelum menggunakan metode demonstrasi. Yaitu dengan nilai rata-rata 55,55 sebelum menggunakan metode demonstrasi pada siklus I dan nilai rata-rata 81,11 setelah menggunakan metode demonstrasi pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: SK-2016 PGSD 237
Keywords: Metode Demonstrasi; IPA; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 08:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item