PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 177051 LAEMAGA RAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Padang, Haposan Cari (2016) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 177051 LAEMAGA RAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 177051 Laemaga Rambung, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Perubahan benda di kelas II SD Negeri 177051 Laemaga Rambung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 177051 Laemaga Rambung dengan jumlah siswa21 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 6 perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 45,24 dari 21 orang siswa, dimana 7 siswa (33,33%) memperoleh ketuntasan dan 20 siswa (66,67%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 55,24 dimana 10 siswa (48%) memperoleh ketuntasan, 11 siswa (52%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 68,75%kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 66,67 dimana 17 siswa (81%) memperoleh ketuntasan, 4 siswa (19%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 84,38%kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: SK-2016 PGSD 302
Keywords: Metode Demonstrasi; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 08:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21626

Actions (login required)

View Item View Item