UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/20

Simanullang, Imelda (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/20. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas III SD Negeri Napaparira di Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016 dengan menggunakan metode simulasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi Kelas III SD Negeri Napaparira, yang berjumlah sebanyak 13 orang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan selama 35 menit. Setiap siklus memiliki 4 (empat) tahapan, yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembaran observasi yang ditujukan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Hasil persentase yang diperoleh pada test awal dalam Siklus I membuktikan bahwa rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat kemampuan dari 13 orang siswa, sebanyak 6 orang siswa (46,02%) dinyatakan tuntas, dan 7 orang siswa (53,08%) dinyatakan tidak tuntas. Hasil persentase pada Siklus I belum memuaskan, maka dilakukan tindakan perbaikan. Pada Siklus II menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan, kemampuan dari 13 orang siswa, sebanyak 10 orang siswa (sebesar 76,92%) dinyatakan lulus dan sebanyak 3 orang siswa (sebesar 23,08%) dinyatakan tidak lulus. Dengan menggunakan Metode Simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran PKn materi ajar tentang norma-norma pada siswa dan siswi Kelas III SD Negeri Napaparira Kecamatan Pakat Kabupaten Humbang Hasundutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRizal, Muhammad197604132001121002
Call Number: SK-2016 PGSD 287
Keywords: Hasil Belajar; Metode Simulasi; PKn
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item