UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 175792 SIBULUAN KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Sihombing, Repi Magdalena (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 175792 SIBULUAN KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDNegeri 175792 Sibuluan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2015/2016. Subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa, dengan perincian 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok membuat soal dan jawaban model STAD. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pertemuan I pembelajaran klasikal, kerja kelompok. Pertemuan II melanjutkan unjuk kerja kelompok dan evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 54,22%. Hal ini belum mencapai peningkatan proses pembelajaran yang diharapkan yaitu 60-70%. Namun pada proses pembelajaran kelompok telah mencapai 91,66% dengan target 70-80%. Sedangkan hasil belajar hanya mencapai 66,66% siswa mencapai nilai 60 - >60 dengan rerata nilai 65 sedangkan target yang ditentukan 100% tuntas mencapai nilai 60 - >60. Untuk meningkatkan proses pembelajaran klasikal pada siklus II setiap siswa diberi peraga beberapa bangun datar untuk dibentuk menjadi berbagai gabungan bangun dalam membuat soal. Pada Siklus II selain ada peraga untuk setiap siswa, untuk dapat menemukan rumus luas bangun ruang berdasarkan rumus luas bangun datar yang telah dikuasai siswa, juga ditambah dengan pemberian tugas rumah berupa latihanlatihan. Hal ini disebabkan kompetensi yang harus dikuasai semakin sulit. Pada siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran klasikal yang cukup tinggi menjadi 84,61%. Hal ini disebabkan semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan sebanyak 10 siswa dan mencatat sebanyak 26 siswa. Proses Pembelajaran kelompok meningkat menjadi 97,61%. Sedangkan hasil belajar mencapai rerata 79,61% dengan 100% siswa mencapai nilai 60 - >60. Dengan demikian semua target yang ditetapkan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model kooperatif STAD dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun lebih bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran, dan hasil belajar. Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Model Kooperatif STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2016 PGSD 293
Keywords: Luas Bangun Dasar;Matematika;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item