PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG SAINS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 176353 SIBORUTOROP KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Simatupang, Juanda Lius (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG SAINS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 176353 SIBORUTOROP KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 176353 Siborutorop Kec. Paranginan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Media Gambar dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Penyesuaian Diri Mahluk Hidup Dengan Lingkungan di kelas V SD Negeri 176353 Siborutorop Kec. Paranginan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Neg 176353 Siborutorop dengan jumlah siswa 22 terdiri dari 15 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 41 dari 22 orang siswa, dimana 3 siswa (14%) memperoleh ketuntasan dan 19 siswa (86%) yang belum tuntas. Pada siklus I ratarata kelas siswa meningkat menjadi 64 dimana 13 siswa (59,1%) memperoleh ketuntasan, 8 siswa (40,9%) yang belum tuntas. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 85 dimana 20 siswa (91%) memperoleh ketuntasan, 2 siswa (9,1%) yang belum tuntas. Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2016 PGSD 288
Keywords: Hasil Belajar; Siswa;Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item