PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 177935 SIHORBO RURA TANJUNG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Maharaja, Repelita (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 177935 SIHORBO RURA TANJUNG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dalam mempelajari materi perubahan wujud benda dikarenakan kurang tepatnya metode mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitan ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hasil belajar yang lebih meningkat dengan penerapan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Wujud Benda di kelas IV SD Negeri 177935Sihorbo Rura Tanjung Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan”. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 177935Sihorbo Rura TanjungTahun Pelajaran 2015/2016 di Kelas IV semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 54,17 dimana siswa yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang atau 33,33% dari seluruh siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang atau 66,67% dari jumlah siswa. Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,00 dimana siswa yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang atau 58,33% dari jumlah siswa dan yang belum tuntas sebanyak 5 orang atau 41,67% dari jumlah siswa. Hasil observasi rata-rata keaktifan siswahanya sebesar 45,85%. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata 69,17 dimana siswa yang tuntas secara klasikal sebanyak 10 orang atau 83,33% dari jumlah siswa dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 16,67% dari jumlah siswa. Hasil observasi rata-rata keaktifan siswa mencapai 77,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimendapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 177935 Sihorbo Rura Tanjung T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2016 PGSD 286
Keywords: Wujud Benda; IPA; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item