PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 177935 SIHORBO RURA TANJUNG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Maharaja, Repelita (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 177935 SIHORBO RURA TANJUNG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV
dalam mempelajari materi perubahan wujud benda dikarenakan kurang tepatnya
metode mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga
hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitan ini bertujuan untuk melihat apakah
terdapat hasil belajar yang lebih meningkat dengan penerapan metode Eksperimen
pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Wujud Benda di kelas IV SD
Negeri 177935Sihorbo Rura Tanjung Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang
Hasundutan”.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 177935Sihorbo Rura TanjungTahun
Pelajaran 2015/2016 di Kelas IV semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak
12 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar dan observasi.
Hasil penelitian pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 54,17 dimana siswa
yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang atau 33,33% dari seluruh
siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang atau 66,67% dari jumlah siswa.
Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,00 dimana siswa yang mencapai
ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang atau 58,33% dari jumlah siswa dan yang
belum tuntas sebanyak 5 orang atau 41,67% dari jumlah siswa. Hasil observasi
rata-rata keaktifan siswahanya sebesar 45,85%. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata
69,17 dimana siswa yang tuntas secara klasikal sebanyak 10 orang atau
83,33% dari jumlah siswa dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 16,67%
dari jumlah siswa. Hasil observasi rata-rata keaktifan siswa mencapai 77,78%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimendapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri
177935 Sihorbo Rura Tanjung T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 286
Keywords: Wujud Benda; IPA; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:18
Last Modified: 22 Nov 2016 06:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item
View Item