PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SD NEGERI 176363 RUMBIA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Marbun, Ramsita H. (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SD NEGERI 176363 RUMBIA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 176363 Rumbia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA SiswaKelas IV SDN 176363 Rumbia Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkanmetodepembelajaranEksperimen di kelas IV SDN 176363 Rumbiatahunpelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah SDN 176363 Rumbia yang berjumlah 20 orang, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data danpenyajian data. Berdasarkanhasil penelitiandananalisis data, data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswaatau 25 % dengan rata-rata 58,00 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswaatau 50% dengan rata-rata nilai 67,25 meningkat pada siklus II sebanyak 17 orang atau 85% dengan rata-rata nilai 77,25 atau mengalami peningkatan sebesar 35%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 176363 Rumbia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Parulian195703051984031001
Call Number: SK-2016 PGSD 267
Keywords: Hasil Belajar; IPS; Materi Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item