MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE BELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 067242 MEDAN SUNGGAL T. A. 2016/2017

Sihite, Marlehon (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE BELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 067242 MEDAN SUNGGAL T. A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 1123111051 COVER JUDUL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 1123111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 1123111051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 1123111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 1123111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 1123111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 1123111051 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 1123111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 1123111051 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123111051 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini tentang meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains melalui metode belajar inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat benda melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri. Hipotesis yang diajukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pokok sifat-sifat benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal T.A 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalahmasih banyak ditemukan nilai hasil belajar siswa yang masih rendah atau berada di bawah nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, salah satu yang ditemukan adalah di SD Negeri 067242 Medan Sunggal dimana dari 32 orang siswa, hanya 14 orang siswa yang tuntas dan 18 orang siswa yang belum tuntas dan dapat dikatan masih jauh dari tercapainya ketuntasan klasikal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067242 Medan sunggal yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I, diperoleh hasil pengamatan/observasi dengan nilai rata-rata = 62,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,87 % atau 15 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dan 53,13 % atau 17 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar. Hasil penelitian pada siklus II, diperoleh hasil pengamatan/observasi dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,56 dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 87,5% atau sebanyak 28 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dan sebanyak 4 orang siswa yang belum tuntas atau 12,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dipastikan bahwa ketuntasan klasikal telah tercapai dan hasil belajar yang telah diperoleh siswa berada dalam kategori baik dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat benda di kelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: SK-2016 PGSD 207
Keywords: mengajar;Pembelajaran;Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item