UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 177055 SIGALOGO KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Simatupang,, Dorti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 177055 SIGALOGO KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 177055 Sigalogo Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas IV SD Negeri 177055 Sigalogo Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 177055 Sigalogo Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (obsevasi) dan evaluasi setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Alat pengumpulan data pada penelitian adalah menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran bagian-bagian bunga dengan menggunakan metode demonstrasi tes dalam bentu pilihan berganda. Hasil penelitian pada tes awal di peroleh rata-rata skor siswa dari 30 jumlah siswa, terdapat 23 orang (76,7%) yang mendapat hasil belajar belum tuntas sedangkan hasil belajar siswa yang mencapai syarat sebanyak 7 orang (23.3%). Pada siklus I bahwa rata-rata penguasaan materi bagian-bagian tumbuhan meningkat dari sebelumnya terlihat dari nilai rata-rata mencapai 57 dari 30 orang siswa terdapat 15 orang(50%) yang mendapat hasil belajar yang belum tuntas, sedangkan hasil belajar yang mencapai syarat sebanyak 15 orang (50%).pada siklus II menunjukkan bahwa peguasaan materi semakin meningkat dari (50%). meningkat menjadi (93,3%). Demikianyang dapat saya simpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi meningkatka hasil belajar siswa dalam pembelajaran SAINS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: SK-2016 PGSD 246
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21552

Actions (login required)

View Item View Item