PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173405 SOSORGONTING KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Silaban, Nurcahaya (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173405 SOSORGONTING KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Small Group Discussion dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan FPB dan KPK. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 173405 Sosorgonting T.P. 2015/2016 dengan jumlah siswa 25 orang. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan tes. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif dalam bentuk essay. Hasil penelitian diperoleh rata–rata nilai pada saat pretes sebesar 43,20 dan meningkat menjadi 53,20 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 65,20. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar mencapai 40% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan siswa. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDNegeri 173405 Sosorgonting T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: SK-2016 PGSD 240
Keywords: Hasil Belajar; KPK; FPK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item