UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Situmorang, Rusli (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Subjek penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiridari 4 orang laki-lakidan 6 orang perempuan. Dari penelitian ini yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 10 orang adalah 3,6 dimana 1 orang siswa (10%) yang memperoleh ketuntasandan 9 orang siswa (90%) yang belum tuntas. Padasiklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 5,8 dimana 4 orang siswa (40%) memperolehketuntasan, 6 orang siswa (6%) yang belum tuntas, kategori penilaian baik secara klasikal. Pada Siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 7,6 dimana 9 orang siswa (90%) memperoleh ketuntasan, 1 orang siswa (10%) yang belum tuntas kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, Muhammad197604132001121002
Call Number: SK-2016 PGSD 273
Keywords: Eksperimen; Sains;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item