UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173397 DOLOKSANGGUL KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Togatorop, Riama (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173397 DOLOKSANGGUL KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173397 Doloksanggul, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan eksperimen pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan peristiwa di kelas V SD Negeri SD Negeri 173397 Doloksanggul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173397 Doloksanggul dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 24 Siswa Perempuan dan 16 Siswa Laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, Rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 45,63 dari 40 orang siswa, dimana 8 siswa (20%) memperoleh ketuntasan dan 32 siswa (80%) yang belu tuntas. Pada Siklus I ratarata siswa meningkat menjadi 52,25 dimana 19 siswa (47,50%) memperoleh ketuntasan, 21 siswa (52,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 79,16% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 76,75 dimana 35 siswa (87,50%) memperoleh ketuntasan, 5 siswa (12,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91,66% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa pengguna metode eksperimen dapat meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: SK-2016 PGSD 250
Keywords: Metode Eksperimen; Hasil Belajar; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item