UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173397 DOLOKSANGGUL KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Togatorop, Riama (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173397 DOLOKSANGGUL KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173397 Doloksanggul, jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan eksperimen
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan
eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan
peristiwa di kelas V SD Negeri SD Negeri 173397 Doloksanggul.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173397
Doloksanggul dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 24 Siswa Perempuan dan
16 Siswa Laki-laki.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, Rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 45,63 dari 40 orang siswa, dimana 8 siswa (20%)
memperoleh ketuntasan dan 32 siswa (80%) yang belu tuntas. Pada Siklus I ratarata
siswa meningkat menjadi 52,25 dimana 19 siswa (47,50%) memperoleh
ketuntasan, 21 siswa (52,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas
siswa 79,16% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas
siswa meningkat 76,75 dimana 35 siswa (87,50%) memperoleh ketuntasan, 5
siswa (12,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91,66%
kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara
klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa pengguna metode
eksperimen dapat meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 250
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen; Hasil Belajar; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:42
Last Modified: 17 Nov 2016 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item
View Item