UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI 030413 SALAK T.P 2015/2016

Boangmanalu, Hotma (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI 030413 SALAK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 114522314026 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 114522314026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114522314026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114522314026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114522314026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114522314026 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114522314026 GRAFIC.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 114522314026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114522314026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 114522314026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114522314026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran yang dilakukan guru terkesan pada satu arah yaitu siswa hanya sebagai pendengar (2) pembelajaran yang terpusat pada guru, (3) proses pembelajaran kurang melibatkan aktifitas siswa, (4) sebagian siswa sekolah dasar kurang berminat belajar matemtika,(5) kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang kurang tepat terhadap materi pelajaran yang diajarkan . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan luas trapesium dan layang- layang . Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Apakah dengan penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada luas trapezium dan layang –layang kelas V SD Negeri 030413 Salak Tahun Ajaran 2015/2016 Jenis penelitian yag dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif, kuantitatif yaitu bertujuan untuk mengetahui sejumlah mana hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dikelas V SD Negeri 030413 Salak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 28 orang di SD Negeri 030413 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan penerapan strategi inkuiri . tingkat perubahan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa pada awal tindakan diketahui dari 28 orang siswa terdapat 22 orang (77,54%) yang tidak lulus , sebanyak 6 orang siswa ( 21, 42%) yang tuntas . pada siklus I terdapat 19 orang siswa ( 67,85%) dengan tingkat keberhasilan cukup dan siswa yang tidak tuntas atau belum mencapai nilai 60 sejumlah 9 orang ( 32, 24%). Dan pada siklus ke II terdapat 26 siswa (92,85%) dengan keberhasian sangat baik dan siswa yang tidak tuntas atau yang belum mencapai nilai 60 sejumlah 2 orang atau (7,14%) . Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan strategi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi luas trapesium dan layng – layang di SD Negeri 030413 Salak Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMansyur, Abil197209061999031002
Call Number: SK-2016 PGSD 004
Keywords: Matematika; Hasil Belajar;Uraian Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item