UPAYA MENINGKATKAN REPRENTASE BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN KUANTITAS MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINAMO KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Berutu, Arjon (2016) UPAYA MENINGKATKAN REPRENTASE BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN KUANTITAS MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINAMO KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 114522314001 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 114522314001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 114522314001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 114522314001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 114522314001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 114522314001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 114522314001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 114522314001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 114522314001 BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 114522314001 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 114522314001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pemecahan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi satuan kuantitas dan untuk meninkatkan model make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sinamo di Kelas IV Semester 1 yang berjumlah 18 orang, jenis penelitian ini adaah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari satu x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam observasi. Hasil penelitian. Dalam test awal telah diperoleh nilai rata-rata 51,11 yang mana siswa mencapai nilai tuntas sebanyal 5 orang atau 27.77 % dari jumlah keseluruhan siswa yang belum tuntas sebanyak 13 orang atau 72.22 % dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian pada siklus I pada siswa diperoleh nilai rata-rata 63.33 % dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 8 orang atau 44,44 % dari jumlah keseluruhan siswa yan belum tuntas sebannyak 10 orang atau 55,55 % dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 78,33 dimana 15 orang atau 78.33 % dari jumlah keseluruhan mencapai 3 atau 16,66 % belum tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Winsyahputra198109192006041004
Call Number: SK-2016 PGSD 231
Keywords: Hasil Belajar; Matematika;Meteri Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21526

Actions (login required)

View Item View Item