PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWAKELAS IV SDN 034814 NANTIMBO T.A 2015/2016

Sinamo, Hamidah (2016) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWAKELAS IV SDN 034814 NANTIMBO T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 114522314015 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 114522314015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114522314015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114522314015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114522314015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114522314015 TABLES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114522314015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114522314015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 114522314015 GRAFIC.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 114522314015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114522314015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 114522314015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo yang berjumlah 24 orang. Sumber data yang digunakan, yaitu: (1) tempat dan peristiwa, (2) informan, dan (3) dokumen. Tempat dan peristiwa dalam penelitian ini yakni kegiatan pembelajaran keterampilan bercerita dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo. Dokumen yang digunakan berupa rekaman aktivitas komunikatif pembelajaran keterampilan bercerita, hasil tes siswa, buku pendamping pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, buku dongeng anak bergambar, rancangan pedoman pembelajaran yang dibuat peneliti dan guru, silabus yang ditetapkan oleh pihak sekolah, serta hasil angket yang diisi oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) teknik wawancara mendalam; (2) observasi/ pengamatan; (3) teknik tes atau tugas; dan (4) teknik nontes berupa angket. Uji validitas yang digunakan adalah: triangulasi metode, sumber data, dan review informan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif, terdiri atas empat komponen yang mencakup komponen pengumpulan data dan tiga komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lain yang meliputi reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IVSDN 034814 Nantimbo. Hal tersebut terefleksi sebagai berikut: (1) kualitas proses pembelajaran keterampilan bercerita mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari: minat dan motivasi belajar bercerita siswa meningkat, perhatian siswa terfokus untuk mengikuti proses pembelajaran keterampilan bercerita, siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan bercerita. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan belajar yang ditentukan oleh pihak sekolah sebesar 65 yaitu: pada Pra siklus, nilai rerata siswa sebesar 49,12; pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 50,2 dan; pada siklus II, nilai rerata siswa sebesar 78,33 dan 20 siswa dinyatakan berhasil mencapai standar ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Syamsul197605132000121001
Call Number: SK-2016 PGSD 209
Keywords: Bercerita; Keterampilan; Metode Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item