HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016

Srinovianta (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123111090 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123111090 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123111090 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123111090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123111090 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123111090 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123111090 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123111090 PREFACE.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123111090 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123111090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123111090 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123111090 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123111090 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123111090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123111090 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123111090 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 1123111090 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 1123111090 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 1123111090 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 1123111090 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 1123111090 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1123111090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan
mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa
Sigompulon. Hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara keterampilan mengajar kelompok kecil dengan
motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat
korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, dalam penelitian ini
peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam
penelitian ini adalah sebanyak 58 orang. Penetapan sampel dilakukan dengan
teknik simple random sampling sehingga peneliti menentukan jumlah sampel
siswa sebanyak 22 orang dan siswi sebanyak 18 orang.
Selanjutnya gambaran keterampilan mengajar kelompok kecil di Desa
Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana nilai rata – ratanya ialah 73,8
sedangkan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon berada dalam
kategori sedang, dimana rata – rata nilainya ialah 40,55. Adapun hasil analisis
data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung =
0,748 (termasuk dalam kategori cukup) dengan rtabel = 0,312 pada taraf
kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,748 > 0,312 atau nilai rhitung
lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar kelompok kecil
memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui
signifikasi hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi
belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 6,98
dengan ttabel = 2.021 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian
6,98 > 2,024 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat
dikatakan signifikan. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil (X) mempunyai
kontribusi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD (Y) di Desa Sigompulon.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V
SD di Desa Sigompulon Kec. Pahae Julu Kab. Tapanuli Utara” dapat diterima.
Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar kelompok kecil maka semakin
tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2016 PGSD 182
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar;Kelompok Kecil; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:27
Last Modified: 16 Nov 2016 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item
View Item