HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016

Srinovianta, (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 1123111090 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 1123111090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 1123111090 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 1123111090 PREFACE.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 1123111090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1123111090 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 1123111090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 1123111090 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 1123111090 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 1123111090 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 1123111090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon. Hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 orang. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga peneliti menentukan jumlah sampel siswa sebanyak 22 orang dan siswi sebanyak 18 orang. Selanjutnya gambaran keterampilan mengajar kelompok kecil di Desa Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana nilai rata – ratanya ialah 73,8 sedangkan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana rata – rata nilainya ialah 40,55. Adapun hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,748 (termasuk dalam kategori cukup) dengan rtabel = 0,312 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,748 > 0,312 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar kelompok kecil memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui signifikasi hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 6,98 dengan ttabel = 2.021 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 6,98 > 2,024 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil (X) mempunyai kontribusi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD (Y) di Desa Sigompulon. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD di Desa Sigompulon Kec. Pahae Julu Kab. Tapanuli Utara” dapat diterima. Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar kelompok kecil maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: Sk-2016 PGSD 182
Keywords: Keterampilan Mengajar;Kelompok Kecil; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item View Item