MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 030421NSALAK T.A 2015/2016

Ginting, Warisanita (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 030421NSALAK T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 114522314003 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 114522314003 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 114522314003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 114522314003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 114522314003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 114522314003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 114522314003 TABLES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 114522314003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 114522314003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 114522314003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 114522314003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran sains di Kelas IV SD Negeri 030412 Salak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV dalam pelajaran Sains Meteri Energi alternatif dengan menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 030412 Salak T.P. 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Sains. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan empat tahapan yaitu : Tahap Perencanaan Tindakan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Observasi dan Tahap Fefleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 030412 Salak T.P. 2015/2016, dengan jumlah siswa yang menjadi responden 26 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Sains dengan menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SD N 030412 Salak T.P. 2015/2016. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test dan observasi, yaitu test awal, post tes I dan post test II. Kemudian dilakukan wawancara dan observasi pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan penggunaan metode Kooperatif Tipe Jigsaw mulai dari tes awal siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar. Pada penerapan metode kooperatif tipe zigsaw siklus I diperoleh nilai rata-rata dari 26 responden adalah 19,5 atau keseluruhan siswa dikategorikan sedang dengan jumlah rata-rata pencapaian indikator motivasi belajar siswa 54%. Setelah penerapan metode kooperatif tipe zigsaw siklus II, motivasi belajar siswa pada pokok bahasan energi alternatif sudah meningkat, dimana nilai rata-rata yang didapatkan adalah 26,21 atau seluruh siswa dikategorikan pada motivasi tinggi dengan jumlah rata-rata pencapaian indikator motivasi belajar siswa 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Dalam mengajarkan pelajaran sains pada materi energi alternatif di kelas IV SD N 030412 salak disarankan pada guru-guru hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Winsyahputra198109192006041004
Call Number: SK-2016 PGSD 225
Keywords: Pembelajaran Sains; Materi Pelajaran; Tipe Jigsaw
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 03:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item