PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017

Putri, Datia Indra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123113005 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123113005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123113005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123113005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123113005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123113005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123113005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123113005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123113005 BAB-I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123113005 BAB-V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123113005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free Methodist T.A 2016/2017. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen only posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan Kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah media flashcard. Instrumen pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata � =0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 20,15 dengan nilai tertinggi 22 dan nilai terendah 18, sehingga pengembangan kemampuan membaca permulaan anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata pada kelas kontrol 12,15 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga pengembangan kemapuan membaca permulaan pada anak kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa thitung (20,81) >ttabel (1,725) pada taraf � = 0,05. dengan demikian media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free Methodist Kec Medan helvetia T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasriah, 195712271984032003
Call Number: SK-2016 PAUD 049
Keywords: Kemampuan Membaca; Anak 5-6 tahun;Media Plasshcad; Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item